Thursday, June 02, 2005

tentang angsa hitam


Sedikit cerita tentang Angsa Hitam Milenium....
bukan gara-gara nama saya angga, terus dipelesetin sama temen-temen jadi 'angsa' - dan kebetulan saya 'hitam'..,jadinya saya milih angsa hitam sebagai judul blog ini...bukan, sama sekali bukan !

saya kepincut sama cerita tentang "ugly duckling"...bebek kecil lucu, yang kata saudara-saudaranya jelek. bahkan ibunya sendiri bilang dia jelek...saking dianggap jeleknya, dia (ngerasa) disisihkan di keluarganya. saudara"nya ngejek, dan sama ibunya dia di'anak-tiri'kan. bahkan dia sampai curiga kalau jangan-jangan dia emang anak tiri.
si bebek kecil itu akhirnya ngerasa rendah diri, ngejauh dari keluarganya, ngga pede ngehadapin orang-orang (eh, bebek-bebek) lain..tiap dia ngaca (bercermin -red) ke air, dia makin ngerasa kalo dia emang jelek.
waktu berjalan, dan dia pun tumbuh dewasa. dia mulai bisa ngelewatin masa-masa ngga pede'nya, just live his life as an ordinary duck. sebelum akhirnya dia sadar, "..hey, saya bukan bebek !!!! "
dia adalah angsa (meski ngga hitam), dan angsa yang anggun pula ! wajar aja keluarganya bilang dia jelek..dia ngga jelek, dia cuman berbeda. jelek hanya kata ganti untuk menyatakan bagaimana seseorang berbeda dengan orang lain..seperti juga kata cantik, pintar, kaya, miskin..apa sih ukuran dari, kaya misalnya ? 10 juta ? 100 juta ? 1 miliar ? lalu bagaimana kalo ada orang lain yang punya uang jauh lebih banyak ?
angsa (yang ngga' hitam) itu menyadari, kalo dia ngga bisa ngebohongin diri dia sendiri dengan bilang kalo dia cantik..ngga. tapi dia bisa nerima diri dia sebagaimana dirinya, dengan segala kekhasan yang dimiliki. ngga ada orang yang sama..meski lingkungan secara ngga langsung, menuntut kita menjadi sesuatu yang diidealkan - pintar, kaya,cantik - , tapi kita ngga harus selalu menuruti tuntutan-tuntutan itu untuk bisa hidup....jika itu artinya menipu diri sendiri.

jadi hubungannya dengan "angsa hitam" ini ? well, sebenernya ngga ada. cuman gara-gara nama saya angga, yang dipelesetin sama temen-temen jadi 'angsa' - dan kebetulan saya 'hitam'..........:P

tapi, tetep aja...bukankah angsa hitam itu begitu anggun ?




0 Comments:

Post a Comment

<< Home