Sunday, June 05, 2005

kenapa mancing bukan olahraga?

saya bisa mengajukan beberapa alasan bahwa mancing adalah olahraga, tapi tetap susah menemukan orang yang bisa menerima itu.

kenapa mancing bukan olahraga?
apa sih olahraga itu ?
secara bahasa, mungkin pengertian olahraga masih dapat ditarik ke "melakukan hal-hal yang bertujuan dan dilakukan untuk memberikan latihan pada raga"..tapi, buat saya, pengertian ini masih sangat luas..betul ?
fenomena yang terjadi adalah, cakupan olahraga sekarang ini menjadi sangat luas. bridge, catur, misalnya, terlepas dari pengertian awal mengenai olahraga, sudah merupakan salah satu cabang olahraga yang dipertandingkan. Lalu kenapa mancing tidak?

kalau yang jadi permasalahan adalah, bahwa olahraga harus merupakan suatu kegiatan yang mengolah raga, lalu bagaimana dengan balap mobil, motor, dsb. ? di sana, peng'olahan' raga hanya sedikit sekali dilakukan. selebihnya adalah koordinasi otak dan beberapa bagian tubuh..betul ?

atau kita berdalih bahwa kita tidak dapat mencapai kesegaran dan kesehatan tubuh dengan memancing?

untuk ini, sebaiknya kita perhatikan hal berikut : jika kita bermain sepak bola tanpa pemanasan terlebih dahulu, apa yang terjadi ? yang terjadi adalah,bukannya menyehatkan badan, malahan merusak tubuh...betul ?
nah, demikian pula dengan mancing..kamu tidak akan merasakan kesegaran jika kamu salah dalam melakukan tahapan dalam memancing. pemanasan, misalnya, perlu dilakukan, dengan peregangan, berlari 10 keliling di lapangan lari, dan sedikit warming up dengan aerobik. setelah itu, saat badan kita sudah cukup panas, memancing baru dapat dilakukan....betul ?

dan hal yang menarik dari memancing adalah, kamu akan menemukan segala bentuk peng'olahan' raga di sana....dari mulai pemanasan yang berhubungan dengan tubuh, memancing itu sendiri yang bisa dikaitkan dengan meditasi, koordinasi antara otak dan bagian tubuh yang berperan : mata, tangan, otot bisep & trisep - kalau ikannya besar - , dan mulut yang mencak-mencak kalau umpannya udah dimakan sebelum sempet ketarik..betul ?

jadi, sebagaimana pentingkah memancing ? well, kata saya, sepenting atletik, yoga, balap motor, seni perang tsun-zu, dan demo penurunan BBM........betul ?

iya, Betul-Betul edaaaaaaaaaaaaaannnnn................ngga penting banget sich!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

2 Comments:

Anonymous Anonymous said...

ngga
jujur deh
udah berapa kali angga pemanasan
tiap angga mancing?
(anug)

1:06 AM  
Blogger Angga Dwiartama said...

hmmmm.....poko'nya pernah ! :P

1:09 AM  

Post a Comment

<< Home